Kebiasaan Buruk Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Wejangan - Hamil adalah sebuah anugrah terindah yang didapatkan oleh wanita yang sudah menikah. Hamil menjadi impian setiap wanita, karena dengan hamil, mereka membuktikan dirinya sebagai wanita seutuhnya. Untuk itulah selalu menjaga kesehatan dan kondisi tubuh saat hamil sangatlah diperlukan, seperti dengan wajib mengonsumsi vitamin ibu hamil

Bahkan baru saja menikah, yang diharapkan oleh suami dan istri adalah kehadiran seorang buah hati yang akan menyemarakkan kehidupan berumah tangga. Orangtua  pun akan ikut andil dalam menjaga kehamilan anaknya. 


Sebab kondisi ini menjadi kondisi yang paling penting dan paling menentukan bagi kehidupan anak dan cucunya kelak. Mereka akan selalu mengingatkan hal-hal yang harus dilakukan dan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Jika masih melanggar, para orangtua meyakini akan terjadi sesuatu nantinya. 

Untuk itulah, yang paling diperhatikan oleh ibu hamil adalah dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk berikut :

Gampang emosi

Emosi dibentuk dari keadaan. Jika ada hal di sekitar yang membuat perasaan tidak  nyaman, maka kemarahan akan timbul. Di dalam kemarahan tersebutlah tersimpan emosi yang akan meletup dengan sendirinya jika tidak terkontrol. Keadaan ini akan sangat rentan bagi ibu hamil.

Pergantian hormon yang dilakukan ibu hamil membuat emosi ibu hamil tidak stabil, sehingga akan mempengaruhi kondisi otak janinya. Hal ini akan mengganggu perkembangan si janin. Untuk itulah, ibu hamil harus mewaspadainya, jangan sampai terpancing emosi.

Malas olahraga
Inilah penyakit yang banyak dialami oleh orang banyak, bukan hanya ibu hamil saja. Kurangnya olahraga dapat menyebabkan kesehatan menurun, untuk itulah sangat penting bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga ringan dan khusus ibu hamil. Walaupun sudah mengonsumsi vitamin ibu hamil, ibu hamil masih harus berolahraga, karena vitamin hanya berfungsi untuk membantu kesehatan tubuh saja.

Pola makan yang buruk
Hal ini juga menjadi kebiasaan buruk yang sulit dihindari, seperti minum minuman berkafein, makan makanan yang tinggi MSG, makan minum yang manis-manis secara berlebihan, makan berlebihan, kurang minum air putih, dan kurang makan buah. Kebiasaan tersebut akan menyebabkan sembelit ibu hamil, karena kurang minum air putih dan kurang minum buah atau makanan berserat.

Memakai pakaian yang ketat

Hal ini harus segera dihindari. Tidak masalah jika ibu hamil tidak seksi lagi, karena yang terpenting adalah kesehatan janinnya. Pakaian yang ketat akan membuat perut tertekan sehingga membuat napas ibu menjadi sesak.

Beraktivitas berat

Selalu disarankan oleh dokter, jika ibu hamil tidak boleh beraktivitas berat, karena bisa memicu keguguran. Lakukan aktivitas yang ringan-ringan dan semampunyas aja, karena rasa cepat lelah pasti akan kita rasakan.

Tidur dalam keadaan tengkurap
Hal ini juga menjadi kebiasaan buruk yang harus segera dihindari. Tidur tengkurap akan menyebabkan janin di dalam perut tertekan.

Menuruti kondisi mual sehingga tidak makan sama sekali
Banyak ibu hamil yang akan merasakannya di awal kehamilan. Hal ini sangat berbahaya, karena makanan menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Jika tidak makan karena takut mual akan membuat janin tidak bisa berkembang dan kurang gizi. Akibatnya adalah sembelit ibu hamil karena pola makan buruk. Walaupun sudah mengonsumsi vitamin ibu hamil sebagai pengganti makanan, tetap saja makan adalah kegiatan yang harus dilakukan. 

Kebiasaan-kebiasaan buruk ibu hamil tersebut harus segera diatasi, karena jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan janin kurang berkembang. Selalu tanamkan pikiran bahwa ibu hamil beraktivitas bersama janinnya sehingga bsia mengukur kemampuannya, ibu hamil makan dan minum bersama janinnya sehingga bisa memilih makanan sehat dan mengatur pola makan dengan baik, serta ibu hamil harus sehat bersama janinnya sampai masa persalinan nanti tiba. Sehingga tidak akan ada lagi masalah sembelit ibu hamil.


EmoticonEmoticon